click to investigate https://alexaedmon.com. offer replica rolex. design fake rolex. purchase fake watches on amazon. check this replica-watches. helpful site buyswiss-watches.com. next https://fakerichardmille.com. company website replica richard mille. Visit This Link www.ufesawatches.com. Buy swiss watches replica. address rolex replicas swiss made grade 1. have a peek at this website networkwatches.com. High Technology China replica wholesale. Discover More replica breitling. web omega replica watches. hop over to here franck mueller replicas. Clicking Here hublot meca 10 replica. i thought about this replica rolex. more tips here buying replica watch. navigate to these guys https://www.carbreitling.com/.

Pembeli Porang Jawa Timur

pembeli porang jawa timur

Porang adalah jenis tanaman umbi-umbian dengan nama latin Amorphopallus Mullery. Disetiap daerah tanaman ini dikenal dengan nama yang berbeda-beda namun yang paling dikenal degan nama “Porang”. Tanaman porang bernilai ekonomis sangat tinggi karena kaya dengan manfaat baik untuk pangan, makanan kesehatan, farmasi maupun kosmetik. Banyaknya manfaatnya sehingga permintaan akan produk berbahan baku porang sangat tinggi baik dalam negeri maupun untuk ekspor keluar negeri.

Potensi tanaman porang yang sangat menggiurkan dan kebutuhan akan tepung porang baik untuk pangan, farmasi maupun kosmetik yang unlimited membuat para penggiat tanaman porang semakin ramai termasuk pembeli porang di jawa timur ikut bertambah banyak. Ramainya para pembeli porang semakin membuat tanaman satu ini menjadi lebih mahal baik hasil panen umbi apa lagi harga bibit kerena hukum ekonomi (suply vs demand) akan berlaku secara otomatis.

Saat ini daerah yang paling banyak budidaya porang adalah jawa timur, jawa tengah dan Sulawesi Selatan sehingga ketiga provinsi ini melahirkan beberapa pabrik porang dalam dua tahun terakhir ini. Dari segi persaingan, pabrik dan eksportir tidak terlalu bersaing dalam harga justru hanya mengikut dengan harga pasar. Yang kelihatan jelas bersaing dalam harga pembelian adalah para pembeli porang yang langsung membeli langsung ke petani karena jumlah pembeli semakin banyak sementara peningkatan jumlah hasil panen porang dan jumlah petaninya hanya sedikit.

Dari semua pembeli porang, pembeli porang di jawa timur yang paling senior dan lebih berpengalaman mendapatkan hati para petani. Namun mereka tetap memperbaiki strateginya dalam hal mendapatkan hasil panen para petani porang agar jaringan petani mereka tidak berpindah ke pembeli lain.

Yang sering kali membuat harga beli porang bergerak naik adalah para pembeli baru yang memasang harga lebih tinggi daripada harga pabrik. Pada umumnya harga komoditi pertanian dikendalikan atau menjadi patokan harga adalah pembeli akhir (pabrik/eksportir). Namun dua tahun terakhir, khususnya musim panen tahun 2020 ini tidak mampu pabrik dan eksportir mengendalikan harga atas sehingga harga bergerak naik. Di satu sisi menguntungkan para petani karena harga jual hasil panen mereka meningkat yang secara langsung meningkatlan taraf hidup mereka. Di sisi lain, kenaikan harga ini memicu harga bibit yang tidak terkendali bahkan tidak masuk akal. Lebih parah lagi, sudah mahal dan langka (susah didapatkan).

Kondisi ini menarik perhatian para investor untuk  mempalajari lebih dalam dunia perporangan, ada diantara mereka semangat ikut berinvestasi budidaya porang dan ada di antara mereka yang hanya menonton dan takut berinvestasi karena menganggap porang ini adalah Mongkey Business. Investor yang ikut investasi di bisnis perporangan adalah mereka yang mempelajari dari hulu sampai hilir bisnis perporangan dan mendapatkan data serta informasi yang akurat. Hal ini yang membuat pemain dalam bisnis perporangan semakin banyak, baik peningkatan petaninya, pembeli/pengepulnya, eksportir/pabriknya maupun pembibitan.

Suksesnya Pembeli Porang Jawa Timur

porang jawa timur

Tahun ini (November 2020), harga porang menyentuh harga paling tertinggi sejak diperjualbelikannya tanaman porang baik umbi produksi, umbi mini (bibit), katak porang maupun spora/bunga porang.

  • Harga katak porang Rp.280,000,- sd Rp.500.000,- per kg.
  • Harga umbi produksi Rp.13.500,- sd Rp.20,000,-. per kg
  • Harga umbi bibit Rp. 150.000,- sd Rp.300.000,- per kg
  • Harga spora/bunga porang Rp.800.000,- sd Rp. 1.500.000,- per kg

Harga ini dipredikasi oleh kalangan belum menjadi harga di titik ekuilibrium (seimbang) karena masih di anggap harga emosi pasar yang di dominasi oleh pendatang baru di dunia pertanian (bekajar bertani). mereka menganggaap bahwa nanti akan seimbang harga jika yang membeli porang baik petani maupun pabrik atau eksportir adalah betul- betul petni atau pabrik yang asli. Namun apapun analasi para pengamat, harga porang terus naik dan banyak pihak yang memprediksi akan terus naik di 2-3 tahun kedepan terutama pada harga bibit. Hal ini berdasarkan fakta bahwa, tanaman porang belum ada kultur jaringan maupun penelitian varietas oleh pihak manapun sehingga tanaman porang yang di budidayakan sekarang masih tanaman spesies yang masih mengandalkan alam (curah hujan). Jika budidaya porang masih terbatas sementara kebutuhan terus meningkat di tambah lagi tepung porang semakin terkenal di dunia internasional maka harga tidak punya alasan (dalil) untuk turun. Hal tersebutlah yang menjadi alasan kuat semakin meroketnya harga porang di Indonesia.

eksportir pembeli porang jawa timur

Anda saat ini mungkin saja sedang mencari link pengepul atau pembeli yang bisa menampung hasil panen orang anda, baik berupa umbi porang produksi maupun bibit porang seperti katak/bulbil dan umbi kecil.

Untuk menambah list  nama-nama  para pengepul, anda boleh menambahkan kontak kami karena kami juga aktif jual beli porang. Silahkan dapatkan kontak kami di link tentang kami: https://konjac-farm.com/tentang-kami/

Kami siap menampung hasil panen anda baik umbi produksi (umbi besar) maupun umbi kecil termasuk katak porang dan spora/bunga porang. Dan kami juga menyediakan bibit unggul hasil penilitian Alumni IPB Bogor.

sekian… 

Konjac Farm

IG: @konjacfarm @porangbogor FB: Konjac Farm

 

Pembeli Porang di Jawa Timur semakin Jaya

Rate this post